Kamis, 14 Februari 2019

[15.02.2019] My First Month Diet Story


Well, sekarang sudah pertengahan februari  which means udah satu bulan gw menjalani Diet gw. Hoooonestly... jika diet gw bisa dikasih nilai, maka nilai diet gw akan kena C or D πŸ˜” so sad... yup semuanya karena gw sama sekali ga bisa konsisten.. hiks...

Melakukan diet apapun sebenarnya poin perjanjiannya cuma dua, yang pertama rajin olah raga dan yg kedua adalah.. konsisten.  dan menurut gw, gw ga bisa maksimal menerapkan kedua poin tersebut di bulan pertama program diet gw, gw bahkan ga ngerti... diet model yg gw jalani ini masuknya diet apa sih ? sumpah gw nggak ngerti lagi 😫😫
tapi bukan berarti diet yg gw jalani ini malah gagal trus berat badan gw malah tambah naik. achievement yg gw dapet adalah gw kehilangan 5kg BB gw dengan diet OCD alakadarnya dan dengan olah raga yg alakadarnya juga. lumayan lah setidaknya angka yg gw liat di timbangan ga lagi tiga digit.

Seperti yg gw pernah posting sebelumnya, gw memutuskan untuk diet OCD yg menurut sebagian besar orang itu diet yg tidak sehat karena gaya hidupnya ga jauh beda sama gw, gw hanya butuh mengatur kapan gw mulai bisa makan dan kapan gw stop untuk makan apapun. ditambah gw memang bukan pecinta sarapan, gw biasa bangun kesiangan langsung beberes dan langsung cus ke kantor. sebenarnya kebiasaan sarapan sudah di ajarkan orang tua gw sejak gw kecil, nyokap punya rules bahwa harus sarapan dulu sebelum beraktifitas diluar rumah. tapi semenjak gw ngekost dan harus hidup ngirit, gw jadi lupa.. apa itu "sarapan"? πŸ˜…

Di diet gw mengambil jendela makan yg 8 jam dengan start jam 11 siang, trus setelah merasa kuat gw dengan PDnya loncat ke jendela makan 4 jam yg ternyata membuat gw lemes parah. akhirnya gw ambil jendela makan 6 jam atau at least 7 jam. jadi yg gw mundurin adalah jam buka puasanya jadi ke jam 1 atau jam 12 jika gw udah rada lemas. tapi jika gw harus beraktifitas diluar kantor misalkan gw ada meeting atau harus ke kantor pajak maka terpaksa gw ambil yang 8 jam yg startnya jam 11 siang ini. kenapa yg ga gw tarik adalah jam berhenti makannya aja? gw paling ga bisa ga makan malam, kalo malam perut gw ga diisi apapun maka gw ga akan bisa tidur, sedangkan gw butuh banget untuk tidur. kurang tidur bisa bikin gw ga konsentrasi. sekali lagi.. ini hanyalah kebiasaan.

Pernah suatu hari saking sibuknya gw aktifitas diluar, gw sampe ga sempet buka puasa dan terpaksa buka jam 3 sore kemudian maag gw kambuh aja donk 😒 sakitnya luar biasa sampai gw langsung izin pulang dan sakit maagnya masih berasa sampai beberapa jam hingga tengah malam baru bisa gw bawa tidur. entah kenapa meski sudah menenggak obat maag, tetep aja luar biasa sakit.
Sejak hari itu gw mencoret jadwal makan yg berantakan dalam kehdiupan gw, awalnya gw pikir maag gw sudah sembuh karena sudah lama banget gw ga sakit maag yg mengerikan seperti itu, sampai pengin muntah aja dulu. perut gw hanya bisa kompromi sampai jam 2 siang aja, sisanya.. bisa jadi bad end buat gw. jadi gw sedikit merasa bingung dengan statement bahwa ocd akan menyelamatkanku dari maag, sepertinya tidak berlaku  untukku. harus teratur dan itu sangat penting.

meski menjalani ocd, gw awalnya berusaha eat clean serta menghitung estimasi jumlah kalori yg masuk kedalam tubuh gw. gw punya rules bahwa sehari asupan kalori yg masuk di gw harus dibawah atau tidak melebihi dari 1000 kalori. gw mulai beli sayuran dan untuk protein gw pilih dada ayam yg emang makanan favorit gw sejagad raya tapi gw ambil yg boneless dan semuanya gw rebus atau kukus yg kemudian gw makan pas jam makan siang. tapi kok setelah semingguan gw ngejalanin kayak gitu gw merasa sangat tersiksa. rasa makanannya ga enak parah, dan gw mulai ngiler liat kotak bekal temen kantor yg aromanya semerbak banget sekaligus naas ngeliat kotak bekal gw sendiri. gw merasa kayaknya gw dilahirkan bukan untuk makan rebusan. maka gw olah dada ayam menjadi steak ayam yg gw panggang pakai teflon dengan minyak zaitun atau kadang gw pakai sedikit margarin buat menambah cita rasa (sedikitttt banget, seujung sendok kecil) dan sayurannya gw tumis manja, dan hasilnya.. wow... mantap jiwaaa
jadinya gw ga lagi worry sama rasanya.. cuma konsekuensinya itu udah bukan dinamakan eat clean lagi kan?

Dan sebagai wanita yg bekerja sekaligus seorang ibu dari anak yg super duper aktif, maka ada kalanya gw ga sempetlah bikin makanan untuk bekal gw sendiri. kalo suami sama anak dikasi nasi sama telor ceplok juga pada jadi buat sarapan, maka buat menyiasati hal itu, gw ambil lah salah satu susu pelangsing yg mereknya cuma tiga huruf konsonan itu. mari kita sebut saja itu susu xyz aja yah hehe. yg menarik adalah susu xyz ini kan katanya bikin kenyang dan ada kemasan kotaknya yg bisa di coblos dan isep dimanapun dan kapanpun *apasih ini mulai ga jelas!*
rasanya suuuppeeerrr enak, gw juga jadi kenyang minum satu kotak aja bisa tahan sampai jam makan malam gw di jam 6 sore. gw suka rasa cokelat dan akhirnya gw stok banyak dirumah. takut2  gw buru-buru dan ga sempet bikin bekal makan jadi tinggal grab and go gitulah ya. gw juga sempet beli teh pelangsingnya yg rasanya jujur jauh lebih enak dari teh pelangsing yg pernah gw minum sebelumnya.

Tapiiii..... pas gw mulai aktif minum itu, entah kenapa malah bb gw ga ada perubahan disitu. stuck aja di angka 101kg waktu itu. bahkan sempet naik sekilo ke angka 102kg. wagelaseh gw panik abis... salahnya dimana coba? maka itu gw mulai kurang kurangi porsi makan gw yg sudah sedikit itu dan berhenti minum susu kesukaanku itu. kalo emang ga sempet bawa makanan gw memutuskan beli sayur atau lauk di kantin atau warteg. jika pengen ayam ya.. beli ayamnya aja satu potong bagian dada jika ayam gulai ya gw  ga minta kuahnya tapi biasanya gw pilihnya ayam bakar sih yg minyaknya dan angusnya semerbak booo... dan makan dengan perasaan guilty. dan ternyata berat badan gw malah kembali menyusut. fiuuuhhh~

meskipun begitu, bukan berarti gw makan hanya pas jam makan siang aja, karena jendela makan yg gw pilih cukup panjang maka di jam 6 pasti gw makan lagi. bisa dikatakan gw akan memenuhi kebutuhan kalori gw di makan malam ini, biasanya gw makan random asalkan terkontrol kadar kalorinya. tapi karena gw adalah wanita yg sangat tidak konsisten terhadap diri sendiri, maka kadang adalah gw makan KFC aja dulu dan akhirnya kena nasi juga. tapi entah kenapa asalkan porsinya ga too much hanya sampai perut merasa terisi dan udah berhenti makan, berat badan gw ga terpengaruh sama sekali dan terus mengalami penyusutan perlahan. tapi yaaa... perlahan. 

untuk olah raga, gw terpaksa mengurungkan niat buat nge-gym. karena gw terpaksa mengalokasikan dana yg niatnya buat gym jadi sesuatu yg lebih penting, anak gw mau masuk TK dan gw harus lebih menyisihkan lebih banyak dari yg biasanya. jadi selama ini gw hanya mengikuti olah raga yg ada di aplikasi handphone, 10 menit sehari jam 8 malam atau jam 8 pagi pas weekend. latihan yg gw ambil sama sekali ga berat karena jujur gw ga sanggup mengikuti latihan O7W, mulai dari abdominal crunch dan side plank seterusnya itu gw udah ga sanggup. gw terlalu gendut buat melakukan latihan dengan jeda istirahat yg hanya 10 detik, sejak itu gw mikir.. gini aja ga sanggup gimana mau nge-gym? akhirnya gw mantap ga ikut gym (dasar tidak berguna!)

maka itu mengikuti latihan yg simple di hp asalkan konsisten dan itu cukup membantu gw mengurangi kalori sekitar 300an perlatihan, soalnya ada estimasi kalori yg terbuang ketika gw menyelesaikan latihan jadi hal itu bisa memberikan gw semangat meski gw ga tau itu beneran terbakar segitu atau enggak karena ga dihitung langsung dari tubuh kan?

inti dari diet ocd yg gw tangkap adalah mengatur jadwal kapan makan dan kapan berhenti makan serta mengatur banyaknya makanan yg dikonsumsi apapun itu. tentu setiap makanan yg di konsumsi akan mempengaruhi besaran massa tubuh yg akhirnya terbuang, dan karena itulah gw merasa kalo diet gw sama sekali ga maksimal karena gw tidak konsisten. tapi bukan berarti gw akan berhenti dan menyerah gitu aja. gw akan berusaha untuk kedepannya jauh lebih baik lagi dan lebih konsisten terhadap diet yg sedang gw jalani ini. seperti yg udah gw tulis ini postingan gw sebelumnya bahwa gw akan melanjutkan diet ini jika diet ini tidak menyiksa dan ada progressnya meski hanya 1 kilo aja hilangnya. ternyata hasilnya diluar ekspetasi, meski harus gw ubah sana-sini mulai dari makanan sampai olah raganya hingga membuat gw nyaman menjalaninya. jadi gw memutuskan untuk menjalaninya terus sampai gw mendapatkan berat badan ideal yg gw inginkan.

gw tahu mungkin suatu saat mungkin diet berantakan ini ga akan works lagi ke gw jika gw sudah menyentuh di bb sekian, tapi pas saat itu terjadi maka gw akan mencari cara lain lagi buat mengakali tubuh berlemak gw ini. dan yg pasti... perjalanan gw menuju tubuh yg ideal buat gw masih sangat panjang, dan gw sekarang punya slogan baru untuk diri gw sendiri bukan lagi "I Love my Body" tapi " I'll do this, Because I Love My Body" πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Cheerio!
Nath 15022019

0 komentar:

Posting Komentar