Jumat, 20 April 2018

[20.04.2018] Krl Zaman Old dan Krl Zaman Now



pict is not mine boleh nyomot dari google wkwk biar ga sepi aja


Dunia perkeretaapian di indonesia sebenarnya sudah cukup lama, sejak zaman belanda para penjajah sengaja menciptakan lintasan kereta untuk mengangkut hasil bumi dan sampai saat ini kereta masih menjadi alat transportasi utama bagi masyarakat indonesia.
tapi bukaann... gw bukan mau negbahas tentang sejarah perkeretaapian di indonesia, makna itu terlalu luas dan gw bukan seorang fans kereta yg sampai harus mengetahui detil semua hal tentang dunia kereta api di indonesia.

I just want to share pengalaman gw beberapa bulan ini menggunakan jasa transportasi kereta yg sekarang berubah menjadi commuterline.
gw memang lahir di Jakarta tapi sebagian besar hidup gw habiskan di Depok salah satu kota penyangga ibukota yg sangat gw cintai. sebenarnya kereta bukan hal yg asing buat gw, secara Depok memiliki empat stasiun. namun kereta yg saat itu disebut sebagai KRL (kereta rangkaian listrik) bukanlah moda transportasi primadona bagi keluarga gw, nyokap lebih suka naik motor atau naik bus kalo kemana-mana apalagi untuk kerumah nenek yg letaknya dibekasi, dulu dia lebih suka naik bus Transitas Depok - Bekasi daripada harus naik kereta dua kali ke Bekasi yaitu Depok - Jakarta Kota - Bekasi, jadi sejak kecil gw ga biasa banget yg namanya naik kereta.

semua berubah saat gw SMA, posisi sekolah sama rumah gw itu cukup jauh dan harus naik dua kali angkot, sampai salah satu temen gw ngajak buat naik kereta karena posisi stasiun dengan rumah gw terbilang ga jauh-jauh amat daripada gw ngongkos dua kali ngangkot. mulai saat itulah gw belajar naik kereta. kereta ekonomi pada zaman gw SMA bisa dibilang sangat tidak nyaman. kotor, pengap, tidak ada penerangan dan kurisnya tidak terawat dengan baik. but somehow saat itu naik kereta bisa dibilang ga ketat untuk masalah tiket sehingga bisa aja gw naik kereta tanpa beli tiket wkwkwk. naik kereta gratis! sisa ongkosnya buat jajan dan ngewarnet deh wkwkwk.. padahal saat itu klo diingat-ingat tiket kereta itu paling mahal cuma 2.500 aja, tapi orang lebih memilih cara licik buat naik kereta gratis, klo ada masinis ticketing lewat tinggal kabur ke gerbong selanjutnya sampai berenti di stasiun berikutnya langsung pindah gerbong yg udah di lalui si bapak masinis.. waduh kesannya licik banget ya.. tapi gw liat saat itu miris sekaligus lucu
iya lucu karena gw termasuk si pelakunya wkwkwkwwk...

kemudian pas lulus SMA gw diterima bekerja di salah satu supermarket besar di salah satu Mall di Jakarta, dan gw bisa melalui perjalanan kesana menggunakan kereta dan saat itulah kereta menjadi moda transportasi utama gw buat berangkat dan pulang kerja dan lebih intens menggunakannya dibanding waktu zaman sekolah yg pake kereta pas pulang sekolah doank. dan disitulah pengalaman kereta gw dimulai. mulai dari jadwal yg jarang ontime, fasilitas kereta yang yaahh begitulah dengan tukang jualan yg kadang menjual barang-barang unik yg dulu cuma bisa di dapatkan di dalam gerbong kereta, kayak limited item gitu ya wkwkwk sampai pengemis dan pengamen yg mengesalkan. namun kabar baiknya gw saat itu sudah menjadi penumpang kereta sesungguhnya yaitu gw beli tiket sebelum naik kereta wkwkwkwk!! ya meski bukan tiket bulanan tapi itu sebuah kemajuan donk meski kadang kesal karena gw harus ketinggalan kereta jika lama ngantri di loket sampai harus lari-lari keperon ngejar kereta yg udah jalan wkwkw.. bahaya ya? tapi itu seru!
berdesak desakan di gerbong kereta seperti udah jadi makanan tiap hari, menghirup bau ketek penumpang lain sampai kesulitan bergerak lantaran di sebelah ada orang duduk menggunakan kuris lipat, dulu kesannya mereka yg paling hits lah punya kursi lipat sendiri sehingga mereka bisa naro pantat diantara penumpang lain yg berjibaku dengan kepadatan yg hakiki serta aroma tidak sedap yg menyeruak. sumpah dulu gw benci banget sama orang yg bawa kursi lipat.
Kemudian ada terobosan baru saat itu yaitu KRL Ekonomi-AC, yaitu kereta yg ber AC kayak kereta Express Bogor-Kota tapi ga kayak kereta express yg hanya berhenti di stasiun2 besar di Jakarta seperti Manggarai dkk, Ekonomi-AC berhenti disetiap stasiun kecuali Gambir. yoshh!! ini yg gw butuhkan!!!
sayang harga tiketnya saat itu 6000 sekali naik, too expensive sih dibanding selama ini gw naik kereta ke kalibata yg harganya ga sampe setengahnya saat itu. tapi disitu istimwanya kereta Ekonomi-AC saat itu yg bisa dibilang peminatnya ga begitu banyak membuat kereta jenis itu masih belum banyak penumpangnya, nggak kosong banget sih namun setidaknya isinya ga segila yg ada di ekonomi biasa. lalu orang dilarang jualan di dalam gerbong kereta otomatis gerbong ekonomi AC steril juga dari pengemis atau pengamen, gw ga mengunderestimate kaum itu cuma ga ada yg bisa memungkiri kalo kehadiran mereka mengurangi kenyamanan ya kan? belum lagi yg minta duitnya pemaksaan gitu. beda halnya kalo pengamennya punya trait musisi dimana dia akan bernyanyi dengan baik, pengamen kayak gitu juga banyak di gerbong kereta dulu dan itu menjadi hiburan tersendiri. dan akhirnya dengan sedikit menggelontorkan biaya transport lebih banyak maka gw memutuskan buat naik kereta Ekonomi-AC. cuma yg jadi masalahnya adalah kalo gw dapet shift siang dan pulang malam.gw keluar toko sekitar jam 10 malam, dan ekonomi AC cuma ada pas jam 11 yaitu kereta terakhir. jadi gw harus menunggu satu jam buat naik kereta ekonomi-ac sambil melihat kereta ekonomi yg lalu lalang membawa penumpang yg membludak, alhasil gw sampe depok jam 11.40 dan sampe rumah tepat tengah malam. itu yg membuat gw sedikit kecewa sama kereta ekonomi-ac, jadwalnya masih belum banyak.

setahun setelahnya gw dipindahkan ke tangerang sehingga gw meninggalkan transportasi kereta dan ngekos di tempat yg dekat dengan tempat kerjaan. meski akhirnya gw keluar dan dapat pekerjaan di daerah pasar minggu sebagai admin tapi gw memilih naik angkot buat pulang kedepok dan ga lagi naik kereta. fix gw meninggalkan dunia krl yg penuh dengan suka-duka itu.

Dan beberapa bulan ini setelah gw meninggalkan Krl selama 9 tahun lamanya, kini gw harus kembali menggunakan moda transportasi satu itu dan kesan pertama gw saat kembali menggunakannya adalah.. everthing's has change. jadi gw belum lama ini terpaksa pindah ke Jatinegara tempat mertua gw dan stay disana, sedangkan kantor gw baru aja pindah ke Depok. yes.. kantor gw yg seharusnya lebih deket tapi malah gw yg terlempar jauh. jarak Jatinegara-Depok itu wow banget kalo dilewati kendaraan umum. ga ada opsi yg lebih baik dari naik kereta ya kan? belum lagi ada jurusan kereta Depok-Jatinegara langsung ya kan? but no.. gw lebih memilih transit di manggarai karena jarak Jatinegara ke Manggarai itu cuma satu stasiun cuma ya like a hell.
mulai dari dihapusnya kereta ekonomi biasa dan mengubah kereta ekonomi ac jadi kereta ekonomi utama yg di sebut sebagai Commuterline, harga tiketnya yg jadi cuma 3000 sadja, trus jadwalnya yg buanyak serta sistem tiketingnya yg non tunai atau pakai kartu khusus sejujurnya mengubah wajah kereta yg dulu gw kenal secara besar-besaran kearah yg lebih baik. awesome malah! ditambah stasiun yg bersih dari pedagang kaki lima sebenarnya menurut gw membuat stasiun lebih bagus, rapi dan baik ga kayak dulu yg terkesan kumuh. tapi dulu gw bisa beli buku murah cuma di stasiun doank wkwkwk bahkan pernah sempet dulu mohon sama petugas pengecekan tiket di ujung peron buat masuk ke peron cuma buat beli buku. saat ini mereka tidak adaaaa...
dulu emang sempet denger masalah keributan perusahaan kereta sama pedagang kaki lima yg ga mau lapaknya digusur padahal mereka jualan di atas tanah milik perusahaan Kereta, sampai ada lajur keretanya di halangi. hmmm.... kalo diinget-inget perjuangan buat mengubah wajah stasiun itu sangat tidak mudah ya.

tapi semua itu berdampak pada penumpangnya, penumpang yg dulu menggunakan kereta ekonomi biasa jadi berpindah ke commuterline dengan sifat sangar yg sama, malah mungkin lebih parah. gerbong khusus wanita hanyalah sebuah tulisan manis yg ga sesuai dengan kenyataan didalamnya yg isinya adalah wanita-wanita lebay yg apatis dan doyan memenangkan dirinya sendiri. jarang gw liat wanita ngasih tempat duduk buat sesama wanita yg kesulitan. bahkan kalo ga ada yg suruh juga kalo ada ibu hamil di depan dia pasti diem cuek kayak ga berasa bakal hamil nanti dia.okay gw ga membicarakan masalah gerbongnya aja tapi personality gw ga suka sama penumpang wanita jaman sekarang.
mereka tuh sok, apatis, bawel dan berisik. gw juga cewek tapi penumpang cewek adalah my true enemy. gw paling benci kalo gw naik kereta dari manggarai ke jatinegara sambil berdesakan bareng cewek, pasti ada tuh kata-kata " uhhh.. ahhh.. aduuhhh.. sempiittt.. " lah gw yg kegencet ampe mw pingsan aja diem bae ngapa dia berisik amat? gw bingung kemana cewek-cewek fighter yg dulu berjaya di gerbong ekonomi biasa bersama aroma tidak sedap para pria? kehadiran gerbong wanita seakan mereka itu menjadi sesosok dewi yg harus diperlakukan indah di dalam gerbong, ya ga juga kali? semua penumpang sama ga ada yg diprioritaskan. dasar cewek manja.
well gw cukup sekali naik gerbong wanita dan gw langsung mencoret nama gerbong itu dalam list gw. tapi bukan berarti gw ga naik gerbong cewek artinya gw terlepas dari kaum cewek manja nan apatis itu, kalo keadaan penuh mereka tersebar di beberapa gerbong dan mulai mengeluhkan betapa sempitnya space yg ia dapat, mentang2 gw lagi peluk laptop gw trus dia yg bawel di depan gw kesempitan, lah siapa duluan yg masuk ke gerbong coba? dia ada di depan berarti gw duluan yg masuk gerbong ga usah ribet deh. jarak dari manggarai-jatinegara itu ga sampe 7 menit tapi hal itu bakalan jadi neraka 7 abad klo gw harus berurusan sama cewek manja kayak gitu.

ga ada lagi ekonomi ac yg nyaman itu, yg tersisa adalah commuter yg sama kayak ekonomi biasa jaman dulu yg hanya ditambahin pintu otomatis dan ac. dan itu jadi momok banget buat gw yg tiap hari bawa laptop ke kantor maka itu terpaksa laptop gw tinggal di kantor untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan, gw ga mau sampai ada suara 'Krek' ketika gw berdesakan di gerbong commuter.

selain itu karena tidak adanya pengamen dan sebagainya membuat perjalanan jadi sedikit membosankan, gw kadang bengong dengan mengeluarkan ekspresi wajah kelelahan kayak ngejar deadline tapi ga kekejar kejar wkwkwk tapi nyaris seluruh penumpang sibuk dengan hp mereka. ada yg tidur atau sekedar pura-pura tidur. ga ada pembicaran antar penumpang kayak dulu bahkan dulu sampai ada yg bikin arisan gerbong karena penumpang gerbong itu udah saling kenal saking seringnya mereka ketemu di satu gerbong di jam yg sama. dulu juga banyak yg membaca buku sehingga gw ikut-ikutan membaca buku kesukaan gw di dalam gerbong, namun sekarang gw sangat jarang sekali melihat orang baca buku di dalam gerbong kereta. kadang gw membuka buku kesukaan gw di gerbong dan membacanya tapi kok gw ngerasa beda sendiri wkwkwkwk rasanya aneh gitu wkwkwk tapi gw yg kesannya cuek jadinya ya lanjutin aja.

Actually banyak hal yg berubah di wajah commuterline ke arah yg jauh lebih baik. namun sayangnya fasilitas yg sangat baik itu ga dibarengi oleh mental penumpangnya yg malah tambah apatis. gw ga judge semua penumpang begitu, banyak kok penumpang cowok yg care sesamanya, malah pernah gw sama mas-mas disamping gw ampe barengan berdiri pas ada nenek-nenek masuk gerbong wkwkwk. ada juga cowok mesum ga jelas yg ambil foto orang dengan sengaja, hp dia shoot ke gw trus blitznya nyala, itu apa klo bukan ambil foto gw? actually dia kaget blitznya nyala dan kaget juga klo gw notice. gw sebenarnya mau protes tapi gw dah ga ada tenaga lagi lantaran capek banget. gw cuma berharap setelah gw pelototin dia ga jadi bikin hal aneh2 mengenai foto gw.
belum lagi speertinya rel di stasiun jatinegara itu masih kurang banyak sehingga ga cukup menampung kereta-kereta luar kota yg melintas atau yg menurunkan penumpang di stasiun jatinegara. alhasil sering banget kereta commuter harus ngantri menunggu giliran buat masuk ke stasiun jatinegara membuat perjalanan gw yg dari manggarai ke jatinegara jadi lebih lama. namun sepertinya sedang ada pembangunan di stasiun antik itu semoga aja itu adalah penambahan rel untuk kereta khusus luar kota hehehe.

Nath
Meester Cornelis a.k.a Jatinegara Station
20.04.2018

this post ga ada original pictnya karena ini merupakan tulisan spontan gw aja


0 komentar:

Posting Komentar