Senin, 19 November 2018

[19.11.2018] FATE SERIES ; KETIKA SANG RAJA ARTHUR MALAH JADI WAIFU GW.




Gw bingung soalnya lagi gabut dikantor dan entah kenapa lagi males buka FGO juga, tetiba di playlist gw terputar sebuah lagu yg menurut gw sangat memorable banget, lagu dari LiSA – Oath Sign yg seketika bikin gw inget, sejak kapan ya gw mulai terjebak dalam Fate Series? Bahkan sampe mainin Game gacha nerakanya pula (even gw ga bisa bilang gw adalah F2P di FGO).

Gw jadi inget pertama kali gw tau Fate itu gegara LiSA, Yes.. LiSA (bukan Lisa yg ddudduddu yawh, beda lagi itu wkwkwk)  Kebetulan gw saat itu lagi suka sama doi dan lagi stalking lagu2nya dia lantaran dia nyanyiin opening buat SAO yg pertama. Iyaa... meski gw benci sama “si Master Harem” Kirito sekarang, gw ga bisa pungkiri dulu gw nonton SAO yg pertama (meski season kedua dan gungale atau bahkan yg terbaru itu gw ga ikutin lagi). Saat itu istilah kata gw lagi masa pencarian genre anime favorit sehingga nyaris semua genre gw tonton, waktu itu juga masih muda sih jadi ga begitu idealis banget. Saat itu gw penasaran sama cover single LiSA yg Oath Sign ada gambar cewek pirang pake baju zirah biru itu.. kok imut ya?


yes.. I’m Falling in love for a first sight with Seiba (ya begitu gw panggil dia), otomatis gw langsung
nonton dong tuh anime yg judulnya Fate/Zero, tanpa tahu apa-apa, tanpa tahu sebagaimana dark-nya itu anime, tanpa tahu apapun tentang.. Holy Grail War.

Season satu beres, gw masih bingung, gw pusing, ini serunya dimana coba? Isinya ngobrol wae! Berantemnya dikit pisaaaan. Cuma desain karakter dan kualitas animenya yg menurut gw indah bener, Itulah yg gw pikirkan saat itu. Apalagi episode Fate/Zero tuh diawali sama percakapan antara Tohsaka, sama Pendeta Kirei mengelilingi si Yorokobe, Maksudnya opooo?.

saat itu gw langsung searching tentang Fate Zero itu apa sih? Ini sekuel kah? Nah prekuelnya manaa? Disaat itulah gw menyadari bahwa Fate itu bukan kayak anime yg Cuma satu season atau dua season udah, melainkan kisahnya banyak tergabung dalam satu tema dan terikat dengan yang namanya Fate Franchise dan termasuk dalan Nasuverse. Seriusan gw bingung saat itu.. yg jadi pertanyaan gw adalah..
Nasu teh saha? *plak*

“EKUSUUU..KARIBAAAAAAAA..!!!!!!”

Banyak artikel yg nulis urutan nonton fate itu harus nonton Fate stay Night versi deen-nya dlu baik yg series maupun yg movie UBW-nya baru ke fate zero. Sampe gw copy dan gw simpen di catatan fb gw (sayangnya pas gw cari di fb gw skrg ga ada, kayaknya ada di akun wibu gw dulu yg sekarang udah diblokir wkwk) gw cuek aja kan, gw lanjutin nonton season 2 F/Z tanpa nonton yg versi FSN deen. Dan akhirnya gw bingung, takjub akibat rate pertarungan yg lebih sering dibandingkan season pertama sekaligus merana.. kok ceritanya gini amaaat...

Percayalah saat itu gw masih awam banget...

Realita manusia banget yg penuh dengan nafsu ingin menguasai dan saling menjatuhkan demi kepentingan sendiri. Entah kenapa gw jatuh cinta sama seri ini dan akhirnya berani lanjutin buat nonton Fate Stay Night Series yg Versi Deen. Barulah saat itu gw ngerti... siapa Rin Tohsaka dsb. Lanjut ke UBW movie yg akhirnya bikin gw terdampar dengan Fate Series yg lainnya hingga saat ini sejak tahun 2012 lalu.

Actually... sebenernya ini adalah seri yg menurut gw paling banyak di eksploitasi, di buat cerita baru versi lain, dengan timeline lain, atau bahkan berada di universer paralel lain. Spinoff dan seri non canon yg lumayan membuat kita bingung klo di jejerin satu-satu. Karakternya juga ampuunn.. banyak amaaat...

Coba gw disuruh mention servant apa aja yg masuk kedalam seri Fate ini? Gw ga akan bisa soalnya banyak banget dan pasti ada sekitar beberapa yg gw ga tau dia muncul di Fate Series lantaran ga semua series gw baca dan nonton, apalagi gw ga pernah mainin gamenya. Gw ga suka VN bikin capek mata, mending baca buku sekalian. Story FGO aja kebanyakan gw skip wkwkwk..

URUTAN NONTON SERI FATE

Sampai saat gw tulis artikel gajelas ini di tahun 2018, sudah lumayan banyak seri Fate yg diadaptasi jadi anime. Dari yg dulu gw Cuma nonton F/Z bikinan Ufotable dan FSN seri Deen aja sekarang banyak seri Fate yg sudah di adaptasi malahan spinoffnya juga. Kebanyakan bagi yg baru mau nonton Anime ini tuh bingung, harus mulai start dari mana. Sebenernya udah banyak sih artikel yg menuliskan bagaimana cara menonton Seri Fate yg sesuai biar ga pusing. Tapi gw mau menuliskan versi gw yg mungkin sebagian besar tuh sama dengan beberapa artikel diluar sana.
Berikut ini akan gw jabarkan Anime inti yg kudu kamu ikutin terlebih dahulu.

1.        Fate/Stay Night
Yg pertama harus ditonton bagi yg awam banget ya harus Fate Stay Night dulu. Enaknya hingga tahun 2018 ketiga Route Heroine dari kisah ini sudah ada Animenya. Cerita garis besarnya sama lah kayak di Game VN-nya cuma lebih aman aja (katanya) soalnya gw ga pernah main VN-nya sumpah. Dari setiap route menurut gw masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri.
Dari Seri Fate kamu punya 3 Route atau 3 Sudut pandang,



Yang pertama FSN Series versi Deen. Itu FSN Route Fate (CMIIW) yg menceritakan dari sudut pandang Saber sebagai Heroine utama. Karena ini Anime versi paling lawasnya seri Fate (aku nggak ngomongin seri Type Moon yg lain ya) jadi kualitas animenya bisa dikatakan B aja, ga bisa ekpetasi tinggilah, tapi menurut gw udah cukup bagus untuk anime di tahun segitu. Cerita ini klo mau di skip juga boleh, soalnya anggap aja ini versi Lite-nya deh. Tapi scene Gilgamesh membelai pipi Seiba pas di ujung kematiannya tuh.... drama banget akkhh... (gw tim SeibaxGilgay!)

Yang kedua FSN Route Rin Tohsaka sebagai Heroine utama, yaitu Route Unlimited Blade Works. Nah enaknya Anime ini udah di adaptasi oleh dua studio sekaligus nih.. ada versi Movie yg di adaptasi sama Deen Cuma kualitasnya lebih bagus dari series sebelumnya. Tapi.. ada yg paling baru yaitu adaptasi dari Ufotable yg lebih sangar dalam memanjakan mata cuma ini berbentuk series 2 season. Aku menyarankan nonton versi Ufotable aja, ceritanya lebih detail dan ada dramanya, soalnya di versi movienya Cuma menceritakan pertarungan Rin sama Archer full selama dua jam penuh.

Dan yang ketiga ini versi Hard-nya FSN, Route Heaven’s Feel yg main heroinenya Sakura Matou. Nah kalo kamu nonton Fate Zero di awal, maka kisah inilah yg menjadi lanjutannya. Tapi sayangnya animenya baru di adaptasi oleh Ufotable menjadi 3 part movie, dan sampai saat ini baru part pertama yg rilis tahun 2017 lalu dan part keduanya baru akan rilis awal 2019 ini. Route ini bisa di skip sambil nunggu ketiga filmnya selesai rilis, karena klo kamu udah nonton route Fate  dan UBW maka kamu dah ngerti garis besarnya HGW itu apa. jujur gw sendiri ga bgtu suka route ini soalnya emang gw ga suka sama sakura (maap yg ngefans ya), dan movie pertamanya saat gw nonton di bioskop ga begitu memuaskan. (belom lagi pengalaman pas yg nonton kebanyakan cowok, gw jadi risih aja gitu) Mungkin karena emang masih part awal kali ya. Tapi tetep.. bang Cu Chulainn itu Da Best!!! *malah curhat*

2.        Fate/Zero

Ini menceritakan HGW yg terjadi sebelum HGW di FSN terjadi, akan jauh lebih enak nonton ini setelah setidaknya kamu nonton FSN yg Deen deh biar ngerti mekanisme HGW-nya aja, selanjutnya kalian akan dimanjakan oleh liarnya pertarungan para master di anime ini. Scene yg paling gw suka adalah scene lamaran. Udah itu doank. (pengen donk bang dilamar sambil di tusuk2!)

3.        Fate/ Hollow Ataraxia

Ini lanjutan FSN sebenarnya, tapi yg Route Heavens Feel ya. Namun  setau gw belum ada adaptasi animenya jadi sayang sekali kalo mau ikutin ceritanya harus mainin VN-nya. Inti ceritanya menceritakan tentang master originalnya Lancer, yaitu mbak Bazette Fraga Mc Remitz klo ga salah namanya.


Nah sebenernya mulai dari sini cerita originalnya at least udah selesai lah, tapi ada spinoff dari keseluruhan Fate diatas yg bisa di tonton tanpa harus memperhatikan urutan maupun timeline, ga diikutin semua juga nggak masalah, yaitu :

1.       Seri Fate/Kaleid Prisma Illya.
Sesuai judulnya, ini anime menceritakan Illyasviel. Banyak yg bilang kalo Fate ini muncul kalo Fate/Zero Happy ending dan HGW berhasil dihentikan di kota Fuyuki. Anime ini cocok banget buat pecinta loli Illya dan tetep kang shirou jadi pawang harem di kisah ini yg dengan gagah berani melindungi adik2nya yg tetiba aja jadi banyak gitu wkwkwk..


Anime ini udah ada empat season anime series dan satu movie. Not my favorite sih, tapi ceritanya lumayan seru. Urutannya adalah :
1.       Fate/Kaleid Liner Pisma Illya
2.       Fate/Kaleid Liner Pisma Illya 2wei!
3.       Fate/Kaleid Liner Pisma Illya 2wei Herz!
4.       Fate/Kaleid liner Prisma Illya 3rei!!
5.       Movie : Fate/kaleid liner Prisma Illya: Oath Under Snow
Dan sampai disini ceritanya masih lanjut soalnya semuanya masih terjebak di dunia heroine utamanya ( eh spoiler sayaaa..)

2.       Fate/Appocrypha

Yg ini beda timeline, gw sebenernya rada rancu sih ini spinoff diantara HGW ke 3 dan ke 4, jadi kalo ga salah ada cerita klo klan Einbernz tuh summon servant diluar kelas yg di tetapkan yaitu Avenger yg ternyata lemah, tapi klo disini Einbernz diceritakan mereka summon Ruler. Intinya ini pertarungan antara dua kubu master, yaitu kubu merah dan kubu hitam. Jadi ada 14 servant yg di summon dalam anime ini. Yg saya suka disini sih... Astolfo.

3.       Fate Extra Last Encore.
Anime yg diambil dari latar belakang game yg berjudul Fate/Extra yg dikembangkan lagi. Berbeda dengan seri fate yg lain, Seri Fate ini ga berlatar belakang di bumi melainkan di dunia yg namanya SERAPH atau suatu dunia yg diatur sama dia deh. Intinya ini anime full of UMU!!

4.       Fate/Strange Fake.

Timelinenya kapan ini sebenarnya gw juga masih bingung, soalnya ada Waver udah dewasa disini. Mungkin diambil setelah FSN UBW mungkin ya. Sayangnya seri ini belum di adaptasi dalam bentuk anime, baru dalam bentuk komik (versi lainnya mungkin ada tapi kurang tahu). Latar belakangnya HGW di amerika. Di seri ini yg bikin seru adalah di summonnya pasangan bejat dari babilonia yaitu Gilgamesh dan Enkidu yg cantik jelita.*please kalian pulang ke chaldeaku ngapaahh~*

5.       Fate/Prototype.
Sesuai namanya ini kisah merupakan kisah awal atau versi prototype dari FSN yg dibuat oleh Nasu. Klo nggak salah ini menceritakan kisah 2nd HGW. Tapi ada versi spinoffnya dari kisah ini yaitu Fate/Labyrith.

6.       Carnival Phantasm
Parade seluruh karakter di Type Moon tumpah ruah disini, kocak, lucu dan ngeselin... soalnya biang haremnya jadi ada dua.

7.       Fate/Grand Order

Ini merupakan seri yg menurut gw sama sekali ga berkaitan dengan seri seri sebelumnya, tapi berhubungan juga sih. Kok gw jadi bingung ya? Intinya begini sih kita sebagai Ritsuka/Gudako kayak ada di sebuah organisasi yg bernama Chaldea. Nah Chaldea itu tugasnya memperbaiki singularity yg terjadi untuk menyelamatkan masa umat manusia. Jadi kita jumping ke masa lalu dimana disana terdapat singularity yg bermasalah bersama kouhai tercinta kita. Mashu Kryielight. Di game ini seluruh servant mau yg lama atau yg baru ada di sini semua. Menunggu kamu panggil ke Chaldea kamu. Yang intinyaaaa... ini cuma sekedar Game Mobile Gacha Hell. Gitu aja.

PADORU.. PADORU..

Akhirnya setelah membaca keseluruhan apa yg gw tulis, gw juga akan bingung sih. Tapi tenang... awalnya gw juga bingung, bingung banget malah... yg penting mah nonton anime intinya aja. Meskipun seri anime intinya juga banyak, bisa di tonton sambil santai jangan terlalu menggebu buat mengejar. Selain seri Fate, ada satu seri dari Type Moon yg ingin gw rekomendasikan yaitu Kara no Kyoukai. Ceritanya ga kalah seru juga sih. Movienya dirilis secara acak dan ga sesuali timline, tapi menurut gw disitu serunya nonton Kara no Kyoukai.

Diakhir kata gw cuma mau mengucapkan minta maaf jika ada sesuatu hal atau beberapa yg saya tulis di artikel ini tidak benar atau tidak berkenan bagi pecinta Fate atau Type Moon garis keras, gw bukanlah pecinta Type Moon yg expert dan saya juga bukan pecinta seri Fate yg pengetahuannya tinggi, gw hanya menshare sesuatu yg gw tahu yg kebetulan lagi terisnpirasi aja.

Kurang lebihnya saya ucapkan mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat kesalahan.

Akhir kata, Wassalam.

Holicy Nath.
19.11.2018

ps: all pict is not mine, I pick by zerochan.


0 komentar:

Posting Komentar