Selasa, 15 Januari 2019

[15.01.2019] Me Vs My Body


Januari 2019, awal tahun ini sebenarnya gw mulai dengan sedikit harapan kecil bahwa gw berharap tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. gw bisa mengurangi sifat slacker gw dan fokus untuk kerja dengan baik agar dapat membantu perekonomian keluarga kecilku. tapi semua berubah setelah gw tiba-tiba disuruh tes lab sama salah satu bos cewek gw, dia mungkin rada kzl kali ya soalnya gw sering banget at least sebulan sekali izin ga masuk lantaran sakit. well emang sakit kepala menahun yg gw rasakan itu sangat sangat mengganggu produktifitas gw. tapi gw ga pernah mau periksa apalagi cek lab, buat gw itu ga guna, buang buang duit. klo ternyata gw sakit parah gw malah jadi tambah stress. sebenernya gw tau itu pemikiran yang sangat bodoh. tapi di pemikiran itulah gw merasa aman maka buat gw it's fine aja. toh ini badan-badan gw ye ga?


singkat cerita akhirnya gw daftar di klinik lab prodia di Depok. gw ambil paket yg  GMC sederhana aja yg totalnya Rp.1.520.000,- tapi ada diskon 20% jadinya cuma Rp.1.216.000,- untuk gw sih lumayan bangeeet... apalagi ntr diklaim kantor kan duit gw balik wkwkwkwk. trus gw ga langsung tes lab karena diharuskan puasa dulu minimal 12 jam, akhirnya besok pagi gw balik lagi dengan kondisi udah puasa 12 jam yaitu gw terakhir makan jam 7 malam dan gw kesana itu sekitar jam 8, lewat sih tapi ga masalah.

dan setelah drama pengambilan darah yg sulit gara-gara pembuluh darah gw tertutup lemak semua, akhirnya susternya bilang klo menurut dia darahnya cukup ini tapi dia takut darahnya kurang maka dia suruh gw nunggu 45 menit lagi dan ga boleh makan sampai nanti diputuskan masih butuh spesimen atau enggak. ada sekitar tiga tabung kecil dan darah gw bener-bener ga mau keluar. gw inget hal ini juga terjadi sama gw saat cek lab pas lagi hamil dan pas gw lagi dipasang infus pas mau melahirkan caesar. pembuluh darah gw ga kelihatan jadinya gw merasakan beberapa kali tusukan yg menyakitkan yg biasanya cuma di dapatkan sekali saja untuk orang yg normal. wagelaseh..

setelah tes urin beres maka gw nunggu selama 45 menit buat memastikan klo jumlah darah gw cukup, dan akhirnya gw diberitahu bahwa darah gw cukup ywdah langsung cabuuttt!! laper sumpah!

akhirnya pas sore gw di sms oleh prodia bahwa hasilnya sudah keluar dan bisa di akses melalui portal web, tapi pas gw coba akses ternyata lagi maintenance jadinya terpaksa gw ambil hardcopynya sekalian konsultasi hasilnya sama dokter umum disana.
gw ga ngerti sumpah sama isinya, maka itu gw langsung reservasi dokter dan dapet nomor tunggu ke 3 soalnya ternyata pas gw reservasi dokternya baru aja datang, jadi prakteknya sore.

setelah cek tensi dan berat badan gw yg ternyata tembus ke angka 105kg (WTF?!!!) dengan hati tak karuan masuklah keruangan pak dokter, dokter Budhi namanya, Meski udah ga muda lagi tapi dia sangat baik dan saaaangaaat informatif.
setelah gw menjawab keluhan gw dan dia liat hasil lab gw dia bilang.. fix gw kolesterol. kolesterol gw jauh melebihi batas normal, LDL sangat tinggi sedangkan kolesterol baik gw sangat sedikit. gw juga punya asam urat. dia bilang gw kegemukan ( dia sama sekali ga ngomong obesitas hiks ) dan harus segera di turunkan berat badannya. dia bilang kolesterol bisa di obati tapi akan percuma kalo gw ga atur pola makan dan gaya hidup yg sehat. dia menyarankan gw banyak gerak, kurangi kadar karbohidrat seperti nasi harus ganti alternatif lain dan makanan yg ga terjamin kebersihannya like streetfood musti gw hindari, jeroan is big no no, dan sayuran mentah kayak lalapan juga ga boleh juga. olahraga yg dia sarankan adalah be-re-nang (tepokjidad) soalnya lebih cepat membakar lemak, klo ga ada waktu ya.. nge gym-lah.

gw tertengun saat itu.. gw udah lama pengen banget nge gym.
tapi batal karena gw ga punya celana training dan kaos yg muat sama tubuh besar gw. ya Allah... cobaan macam apa lagi ini?!!!!
setelah kuliah dengan wejangan wejangan dari dokter Budhi gw diresepkan obat, obat kolesterol, obat vitamin sebagai antioksidan dan yg terakhir obat racikan dia untuk sakit kepala. dia resepkan gw obat untuk satu bulan, dan setelah satu bulan cek lagi bagaimana perkembangannya.

kemudian gw pun menebus obat yg ternyata harganya sama kayak figure figma saber 2.0 reissue di kyou yaitu Rp.1.233.000,-
pengen nangis tapi ga bisa..
pengen marah trus sama siapa? sama diri gw sendiri?

kejadian itu secara langsung membuat gw tersadar bahwa slogan " I Love My Body " adalah slogan yg  sangat salah. selama ini gw berusaha pede dengan gemuknya gw dan "besar"nya gw. dan hari itu gw tersadar bahwa gw harus berubah.. tapi bagaimana caranya?
gw ga bisa diet karena gw ga sanggup menahan lapar gw, gw ga bisa minum obat pelangsing karena itu hanya akan menyiksa gw dan ga pernah membuat gw kurus. setiap obat pelangsing pasti ada tulisan "harus disertai diet dan olahraga yg cukup" klo begitu ngapain gw beli ini obat pelangsing ga guna anjirrr!!! (teringat masa lalu)

gw bengong lama di klinik sebelum akhirnya gw balik, yah.. gw pikir daripada pusing mending dijalani aja dulu saran dokter, makannya di atur, pantangan-pantangan dijalani dan olahraga. gw langsung beli sayuran buat gw rebus sebagai makanan gw dan gw olahraga dari aplikasi pagi dan malam sebelum tidur. sebelum gw nyari-nyari metode diet yg kiranya masuk sama gw.

tiga hari gw minum obatnya dokter gw jauh feel better. sakit kepala gw berkurang dan hebatnya gw bisa kenyang aja walau hanya dengan kentang, wortel dan buncis di rebus. tapi lidah ga pernah bohong, rasanya ga enak banget bikin gw selalu ngiler liat fried chicken 6000an yg dijual dipinggir jalan.

gw mulai cari diet yg tepat buat gw cuma rata-rata sangat menyiksa, sampai akhirnya gw menemukan OCD. diet ala dedy corbuzier yg jadi trend 6 tahun lalu ( lama banget njirr!!)
gw ga tau apakah diet itu masih work saat ini atau sudah banyak yg meninggalkan? secara sekarang badannya om deddy tuh udah kayak dwyne johnson versi kecilan dikit. ga kayak waktu dia baru mempopulerkan diet ini pas badannya masih keker tapi kurus dan kering (bukan kurus kering ya) tapi dengan opsional jendela makan yg beragam dan tidak adanya pantangan makan asal tidak rakus atau terlalu kenyang maka hal ini membuat gw tertarik buat mencoba.

gw biasa ga sarapan dan emang biasa makan jam 11-12 siang dikantor, cuma makan malam gw dimulai jam 8 istilahnya gaya pola makan gw sebenarnya ga jauh beda sama OCD ini tapi gw tetep gemuk sih, mungkin itu juga karena gw makan dengan porsi tak terkira dan dengan kadar kalori yg tidak terkontrol. gw akan mencoba memperbaiki menu makanan gw dengan at least mengetahui berapa kisaran kalori yg masuk tapi dengan diselingi diet OCD. gw pengen lakukan itu selama satu bulan kedepan dengan jendela makan bertahap, gw akan mulai yg 8 jam seminggu kemudian 6 jam seminggu jika kuat akan gw tambah jadi 4 jam di minggu berikutnya. jika berhasil dan berat badan gw turun maka gw akan lanjutkan diet ini. gw ga akan mematok berapa kilo yang harus hilang dari tubuh gw, berkurang 1 kilo aja tapi gw ga merasa menderita maka metode ini cocok buat gw.

gw harus bisa!! gw harus semangat!!! target 55kg !!!




0 komentar:

Posting Komentar