Rabu, 16 Agustus 2017

[04.08.2017] Nostalgia Dengan Seal Online Versi Mobile


Gw bukan seorang gamer, tapi bukan berarti gw ga suka main game, hanya saja jenis game yang gw suka mainkan tuh tipikal game santai yang ga perlu keburu waktu, ga perlu banyak mikir dan ga terlalu banyak misi seperti the sims dan serupa dengan itu.
tapi dulu banget waktu jaman masih SMA, gw pernah lagi memasuki masanya suka banget sama yang namanya game online. kalo ga salah saat itu sekitar tahun 2006 awalnya memang gw ga tahu tentang game online dan ga pernah main juga, sampai suatu hari salah satu temen sekelas gw mulai mengompori gw untuk ikut dia main game online, notabene dia ini cowok dan dia excited banget ngajak gw untuk ikut gabung main sebuah game online yang belum lama ini dia mainkan yaitu seal online. ya pada kesimpulannya gw di 'racunin' ya untuk main game online dan main ketempat yang namanya 'Warnet'.
dengan gameplaynya yang asyik, questnya yang banyak, monster-monsternya yang lucu serta BGM songnya yang adorable, dia berhasil meracuni dan membuat gw kerajingan main game ini, sampai gw rela ga menggunakan uang jajan gw demi main seal ke warnet karena pada saat itu uang jajan gw hanya cukup untuk nyewa sekitar tiga jam warnet dan itu ga bisa setiap hari (dan alhamdulilah ga pernah sampai menyelewengkan uang spp demi beginian sih)
gw sampai bela-belain banget meski gw sebetulnya ga pernah jago mainnya, bahkan untuk combo aja gw sering lupa kodenya haha.

tapi waktu berganti waktu, tahun berganti tahun, gw lulus tahun 2008 dan gw ngekos di bintaro, saat itu gw kesulitan mencari warnet yang install patch seal online karena game online baru lebih banyak peminatnya. gw pun memutuskan untuk pensi dan fokus di kehidupan nyata gw di tahun 2009.

Time flies ke 2017, gw ga pernah tau kabar tentang seal online sejak saat itu, yang gw tau seal seperti mati suri dimana sudah ditinggalkan oleh pemain akibat banyaknya cheater. dan banyak yang berhijrah ke private server atau ke Seal Online Blade of Destiny yang menggunakan server internasional. kemudian suatu hari gw ga sengaja menemukan aplikasi seal online mobile di play store dan gw lumayan kaget saat mengetahui bahwa sekarang seal online ada versi mobilenya!
hmm.. apakah gameplaynya sama dengan yang ada di PC? sayangnya tidak, tidak seperti Ragnarok Valkryie Uprising yg pernah gw mainkan sekitar setahun atau dua tahun lalu, seal online mobile memiliki gameplay seperti mmorpg mobile pada umumnya yaitu menggunakan dungeon dan building hero. sangat disayangkan memang dan pada saat itu komentar yang tertera juga menyayangkan hal itu, kenapa tidak mirip seperti versi pc-nya?


well.. mungkin jika diikuti versi PC akan sangat banyak menghabiskan kuota dan juga gamenya menjadi berat, seperti halnya saat dulu gw main R.O Valkryie Uprising yang akhirnya harus gw delete karena hp gw ga kuat. tapi rasa penasaran gw mengalahkan kekecewaan yg gw baca di kolom komentar saat itu, dan gw memutuskan untuk mendownload game ini.

Background Music Yang Bikin Flashback Ga Sudah-Sudah

saat pertama main, kamu akan disuguhi sebuah prolog cerita tentang ramalan Erasunets tentang penyihir Galadriel dan bla.. bla.. bla.. gw ga begitu perhatiin prolog ceritanya, tapi yang gw tangkap sih ceritanya tentang dimana 'kita' sebagai player dan teman-temannya menemukan keganjilan tentang kelompok baile yang hendak membangkitkan para bale untuk melawan pasukan Shiltz-lah, ya begitulah.. please correct if i wrong ya.

kemudian akan muncul rabbit icon-nya seal yang mukanya imut tapi ngeselin ( yang sambil bawa pisau daging itu loh ) sebagai npc pembimbing di awal permainan.
dan selain adventure, banyak fitur lain yang bisa kita mainkan seperti, dungeon harian, dungeon setiap hari (ini namanya nyaris sama tapi fungsinya beda loh haha), menara infinite dan juga open world. jadi sebenarnya seal mobile ini ga pure nge-goa (nge-dungeon) aja tapi ada juga open worldnya meski hanya jadi side quest aja dan hunting di open world tidak mempengaruhi exp hero mu. tapi ada keseruan di open world yang sayang kalo dilewatkan , yaitu Boss war atau biasa disebut naga-lah ya.. yang muncul di jam-jam tertentu di setiap line open world yang ada, sampai gw tulis ini open world yang baru dirilis baru dua line open world yang dibuka yaitu redsoil dan silon forest, dan ada line open world lain yaitu clement mine yang merupakan PvP area yang belum dibuka/update. dan jika kamu bisa mengalahkan naga bersama teman se-party-mu kamu bisa mendapatkan poin open world yng kelak bisa ditukarkan dengan equip dragon yang bikin hero kamu keceh abis!

mancing mania 'mantap'

dan ada hal yang seru, yaitu fitur permainan mancing dan mode tidur yang juga ada, jadi kalo bosan dan punya umpan bisa mancing dan poin fishingnya bisa ditukar barang di seller atau ditukar ke NPC anjing laut dimana kalau beruntung bisa dapet cegel! yeaayy!!
untuk mode tidur itu sendiri dibagi beberapa bentuk seperti halnya mode tidur di seal PC sesuai dengan level account (bukan level hero) mulai dari koran (ini memorable banget!), selimut futon, tempat tidur sampai awan kinton (apaa coba) dengan hadiah yang berbeda-beda pula mulai dari carrot, cegel, clover sampai ruby tergantung mode tidur mana yang dipake.

normal mode clement's mine

di adventure pun terbagi dalam 10 stage dengan nama daerah2 yang ada di seal PC dulu seperti Silon Forest, Clement Mine, Zaid, Crude Mountain dan banyak lagi yang juga terbagi lagi dalam tiga mode yaitu normal, hard dan Hell. dan disetiap stage tersebut terdapat backsound yang nostalgic banget, yang berhasil bikin gw baper teringat masa lalu gw kenal temen-temen di game itu. jadi pengen banget loncat ke masa dimana gw lagi bandel-bandelnya itu, emosi masa muda yang seperti api yang berkobar-kobar (apaaa coba?!)

Fusion Hero or Gacha?

seperti game mmorpg mobile jaman sekarang pada umumnya, seal mobile juga ada sistem gacha (arena khilaf para player) dimana kamu bisa membakar menggunakan beberapa ruby untuk memenuhi kesenangan hasrat kalian yang haus akan herobintang lima nan keceh, tapi ya tetap dewi fortuna lah yang punya wewenang untuk menentukan siapakah yang akan mendapatkan hero bintang 5 yang keceh nan gahar tersebut, dan gw termasuk player yang mungkin tidak pernah ditengok mba dewi fortuna haha, gw ga cukup hoki untuk nge-gacha dan selalu menghabiskan ruby yang susah payah gw kumpulkan dengan percuma. tapi untuk yang belum cukup hoki macam gw ini punya cara lain untuk mendapatkan hero bintang lima yang bisa digunakan dan di build sampai level akun tinggi, yaitu tersedianya fitur Fusion Hero dimana kita bisa mengumpulkan beberapa hero yang termasuk dalam komposisi hero tertentu lalu di 'fusion' untuk menjadi hero bintang lima, memang tidak semua hero bintang lima bisa di fusion, namun menurut gw pribadi hero bintang lima yang bisa di fusion cukup worth untuk di build dan dijadikan hero andalan asalkan di build dengan baik hehe.
namun pada kenyataannya salty melihat teman guild yang tiba-tiba dapet hero besty dari gacha sich terkadang bikin kita napsu juga buat ngegacha dan pada akhirnya.. developernyalah yang menang haha..

3v3 battle

tapi menurut gw game ini juga ga pelit-pelit amat sih, ruby memang setidaknya merupakan bahan pokok untuk segala macam hal dan transaksi di dalam game yang bisa didapatkan dengan uang beneran, tapi ga selalu begitu karena setiap hari ada quest yang banyak banget yang bisa kita jalani dengan hadiah ruby, lalu ada juga kompensasi login harian yang beberapa berhadiahkan ruby sampai kartu hero bintang lima, dan juga ada kompensasi akses dengan hadiah ruby secara bertahap sesuai lama kamu mengakses game ini mulai dari 5 menit sampai 5 jam, yang intinya kamu ga akan miskin-miskin ruby bangetlah haha

Belum Ada Guild War

sampai gw menulis ini gw udah tiga kali ganti guild, empat lah karena yang pertama cuma buat ajang coba-coba dan kemudian minggat beberapa menit kemudian. fitur guild tentu aja di game seal selayaknya di PC, kewajiban para anggota guild untuk membayar pajak donasi akan membantu guild tersebut naik level dan naik pula ranknya, maksimal guild naik sampai gw nulis postingan ini baru mentoknya sampai level 20.
donasi yang tersedia bisa menggunakan cegel maupun ruby. sebenarnya sih nggak ada tuntutan setiap player harus menyumbang berapa untuk guildnya namun biasanya untuk guild yg sudah cukup besar dan sedang bersaing maka ketua guildnya akan mematok donasi yang harus di berikan oleh seluruh anggota, bervariasi patokan donasi setiap guild. mulai dari 150 ruby per-day sampai 500 ruby per-day, gw belum menemukan yang lebih parah dari itu, mungkin ada peraturan yang lebih berat dari itu? who knows.

awalnya gw pikir jadi anggota guild yang memiliki peraturan patokan donasi sama halnya di-'palakin' oleh si empunya guild, tapi melihat keuntungan yang di dapat jika guild naik level yaitu persenan buff yang meningkat serta reward check in yang terus bertambah seiring berkembangnya guild membuat gw merasa itu lumayan worth lah ya, tinggal kesadaran masing masing anggotanya aja, jangan sampai cuma satu orang yg full donate sedangkan yang lain enggak trus ketua guildnya diam aja.. haha itu nggak adil namanya.

Let's Kill Pagaaan!!
namun sayangnya sampai gw saat gw menulis ini belum ada fitur guild war atau guild battle, meski guild hall sendiri sudah ada, bahkan tersedia guild dungeon dan toko yang menjual beberapa item yang dapat dibeli menggunakan coin guild, sayangnya memang belum bisa di akses dan kemungkinan akan masih ada terus perubahan serta update terbaru dari sisi guild dan sebagainya, jadi rata-rata player hanya meningkatkan hero masing-masing dan meningkatkan level guild untuk menghadapi update guild war nanti.

Kekurangannya...

Game Seal Mobile sebenarnya termasuk baru, ia dirilis sekitar april-mei 2017 kemarin jadi sebenarnya usianya masih seumur jagung lah ya, jadi sebenarnya wajar kalo masih banyak yang kurang atau fitur game yang belum tersedia. dan pihak developer sendiri masih terus berusaha mengupdate game ini agar jadi lebih baik lagi demi kenyamanan player.
sayangnya masih banyak bug yang terjadi di dalam game ini, gw banyak menemukan ketika sedang online di open world, meski terus di optimalkan namun yang namanya eror map itu masih di alami beberapa player sehingga membuat player kesal.
terlalu banyak bug membuat pihak developer lumayan sering melakukan maintenance server diluar maintenance mingguan yang sebenarnya maintenance mingguan di setiap selasa dan pukul 8 pagi itu saja jelas mengganggu player yang tengah berburu naga Raymos haha.

satu tambahan kekurangan yg gw rasakan selama bermain game ini adalah tidak adanya fitur chat khusus party, hal itu sangat mengganggu ketika gw ga satu party dengan teman satu guild, gw cukup kesulitan chat dengan mereka karena kemungkinan kami berada di chat umum dengan channel berbeda, apalagi kalau teman party gw orang taiwan dengan nama account bertulisan cina dan orang thailand yang menggunakan nama account menggunakan bahasa thailand, padahal jika ada fitur chat khusus party akan memudahkan team untuk membagi tugas ketika melawan naga sehingga kemungkinan untuk mendapatkan rank satu lebih meningkat meski bersama stranger, ya kan?

dan yang terakhir salah satu momok yang sebenarnya menjadi penyakit disetiap game ini pun mulai muncul, yaitu para cheataaa... sorry, I mean cheater. sebenarnya gw belum sempat melihat secara langsung aksi cheater itu bagaimana, yang gw tahu sebelumnya sempat terjadi yang namanya bug exploit dimana itu terjadi pada skill hero besty yang nooo delaaayyy.. (anjay Imba banget dah itu hero pas naga), dan kejadian itu sudah di peringatkan oleh pihak developer dan sudah di fix sama mereka, namun hal yang sama seakan terulang dimana ada beberapa video yang menunjukan bagaimana hero besty dan hero traybi punya kecepatan serang yang luar biasa dan skill yang no delay juga. hal ini tentu saja mulai dikeluhkan oleh pemain lain, mengingat itu memutus kesempatan mereka untuk menikmati permainan secara fair. dan tentu saja jelas sangat disayangkan karena sudah kita ketahui bahwa seal online versi pc saja sekarang sudah tutup karena kehilangan banyak pemain dan terlalu banyak dikuasai oleh para cheater.

And last bu not least, menurut gw game ini ga buruk-buruk amat, haha ga seburuk kometar netizen di fp-nya yang isinya flamming, protes dan kata-kata kotor semua (bocah kalian semua!), seperti yang sudah gw bahas diatas bahwa game ini masih baru dan masih akan banyak update serta peningkatan lagi, buat gw sendiri tentu saja game ini mengembalikan nostalgia masa lalu gw yang sempat menikmati indahnya bermain seal di pc dengan segala keterbatasan sebagai seorang pelajar, yahh setidaknya tiga jam gw di warnet dulu bisa gw balas dengan berjam-jam online di game ini, meski sama-sama ga pernah jago mainnya (capek deh)

dan for last, I just wanna say..
thanks for come back, seal..
loveseal


Nath
04.08.17


0 komentar:

Posting Komentar